Sabtu, 24 Oktober 2015

Bagaimana Naik Kereta Commuter Line Jakarta ? (Bagian 1 dari 2 tulisan)

Ada yg bilang bukan Jakarta kalau tidak macet. Entah ini menghibur diri, atau pasrah.. Dengan jumlah kendaraan bermotor 17.4juta di th 2014 (12juta Roda 2), dan terus bertambah, bagaimana tidak macet?

Kemacetan Tingkat Dewa di Jakarta

Salah satu solusi anti macet, populer di banyak negara, adalah kereta api. Di Jakarta disebut Commuter line. Moda ini menghubungkan Jakarta dengan kota penyangga di sekitarnya, membantu para commuter (jawa : Penglaju) setiap hari pergi pulang.

Mulai Agustus 2015 lalu beberapa kali saya coba moda ini. Tulisan ini akan dibagi 2, pertama menjelaskan bagaimana naik commuter, dan beberapa gambar terkait. Tulisan kedua menjelaskan suka – duka nya naik communter line, dari pandangan saya tentu saja, jadi mungkin agak subyektif. Semoga berguna.



Rute

Dapat dikatakan Commuter line menjangkau semua daerah kota satelit Jakarta. Dan semua rute dimulai dari kota pinggiran ini.

Secara garis besar, rute commuter line dapat dikategorikan sbb :

1. Bekasi – Jakarta Kota (Stasiun Beos) : jalur warna biru.
2. Bogor – Jakarta Kota : jalur warna merah tua
3. Bogor – Jatinegara : jalur oranye
4. Tangerang – Duri
5. Rangkas Bitung – Tanahabang.

Commuter line akan berhenti di stasiun-stasiun sepanjang lintasan tersebut, penumpang dapat berhenti dan naik disana. Misal Bekasi – Jakarta Kota, akan melewati Kranji, Cakung, dll. Stasiun dengan bulatan berwarna merah artinya kereta tidak berhenti, numpang lewat saja. Bagi anda yang beru pertama naik, tidak perlu menghafalkan stasiun-stasiun ini ya, juga tidak usah memprint blog ini, karena di setiap gerbong di dekat pintu ditempel kok..

Stasiun Manggarai, stasiun untuk transit

Beberapa stasiun disebut stasiun transit, yaitu tempat dimana penumpang berpindah kereta. Diantaranya: Jatinegara, Manggarai, dan Tanah Abang. Maksudnya begini, jika anda dari Serpong akan ke Bekasi, maka harus 2 kali ganti: (1) naik kereta Serpong – Tanah abang (gambar rute jalur hijau) lalu di Tanah Abang ganti kereta (2) Tanah Abang – Bogor (gambar Jalur Orange), turun di Manggarai, ganti lagi ke kerata (3) Jakarta Kota – Bekasi (jalur Biru).

Antar stasiun transit terkadang ada kereta feeder yang mondar-mandir antar stasiun transit. Misal : feeder Tanah Abang – Manggarai, dia akan bolak balik, seperti setrikaan, antara 2 titik tersebut.

Stasiun Kranji

Bagaimana Caranya ?

Mudah, dan murah. Modal pertama adalah tekat, lalu tentu saja uang, tidak mahal. Bagaimana cara bayar ? Semua penumpang harus menggunakan kartu akses. Ada dua cara untuk mendapatkannya :

1. Beli di Loket
Anda langsung ke loket, antri dengan baik, lalu katakan pada petugas tujuan anda, bayar sesuai tarif yang disebutkan, dan anda dapat tiketnya. Kartu ini dipakai untuk di “cetit” (ditempelkan, dan bunyi "tit" sekali.) di palang otomatis yang ada di tempat masuk dan keluar. Sesampai di tempat tujuan, untuk keluar stasiun anda “cetit” kan kartu lagi, lalu kartu dapat dikembalikan ditukar uang. Misal Bekasi ke Jakarta Kota, anda bayar 12ribu, dapat kartu, lalu di stasiun kota, kartu dapat diuangkan lagi dan anda dapat 8ribu. Jadi nett nya bayar 4 ribu, Bekasi ke Jakarta Kota (Beos, kota tua).

Tempat Untuk men-tap Kartu

2. Memakai Kartu Isi Ulang
Bagi anda yang sering pakai, mending pakai jenis ini. Dapat diisi ulang. Anda dapat juga cek saldo setiap saat (setiap kali men”cetit” di pintu masuk peron, akan muncul saldo tersisa anda. Kartunya disebut Commet, singkatan Commuter Electronic Ticket. Katanya bisa juga memakai kartu mandiri yang bisa dibeli di Indomaret, dll.

Kartu Commet

Begitu masuk, jika kereta belum ada, tunggu saja dulu. Jika sudah ada silakan masuk. Ingat gerbong pertama dan terakhir khusus wanita, warnanya biasanya pink. Gerbong lain untuk umum. Ditiap gerbong ada tempat duduk khusus orang tua, wanita hamil, ibu dengan anak, biasanya ada di ujung tiap gerbong, dekat pintu ke gerbong lain. Jika anda tidak masuk kategori ini, sebaiknya jangan duduk disana ya, tidak sopan itu. Dahulukan penumpang turun, aturan ini juga sering dilanggar, semoga anda tidak melanggar nanti. Jangan menunggu terlalu dekat jalur kereta, berbahaya.

Gerbong Si Pinky untuk Wanita

Jam Keberangkatan ? biasanya interval sekitar 15 – 30menit. Tapi sebaiknya begitu anda dekat stasiun cepat-cepat masuk, karena kalau santai sedikit dan ketinggalan kereta, nyesek banget lho. Sakitnya tuh disini (sambil megang dada).

Tarif : Murah dan Bersahabat. Bisa Bayar Nyicil ?
Ini gambaran tarifnya, Palmerah ke Jurangmangu (Bintaro) hanya 2rebu.. jarak sekitar 15km. Jurangmangu (Bintaro) ke Bekasi hanya 4rebu saja, dan jaraknya 41km !! Bekasi ke Jakarta Kota, hanya 4 rebu, sekitar 40km. Silakan bayangkan naik taksi habis berapa ? Atau kendaraan pribadi : bensin dan tol nya berapa, juga emosi karena macet yang tidak bisa diuangkan.

Bisa bayar nyicil gak ya ? tentu saja tidak. .plis deh, ..sudah murah kok minta nyicil, he..he.

Apakah nyaman ? aman ? on time ? lihat di postingan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar